-
DAYS
-
HOURS
-
MINUTES
-
SECONDS
PROMO LEBARAN Akses Semua Kelas hanya Rp 16.500/Bulan

Dari Mesin Uap ke Mobil Balap

Oleh: Saiful Hadi


Tidak perlu berkecil hati walau tak menjadi yang pertama, sebab masih punya kesempatan untuk menempati posisi sebagai penyempurna. Sejarah mencatat, James Watt yang meninggal di Heathfielf pada 25 Agustus 1819 silam, ia bukanlah yang mula-mula menggagas ide mengenai mesin uap.
Keberadaan mesin uap telah dimulai sejak abad 1 masehi oleh Hero dari Alexandria. Dalam buku dari puncak Bagdad karya Tamim Anshari juga diceritakan bahwa Engineer Muslim pada abad pertengahan juga telah menggunakan mesin uap yang difungsikan untuk memasak kambing guling.
Sementara menjelang revolusi Industri, salah seorang pegawai tambang dari Spanyol bernama Jerónimo de Ayanz telah mematenkan mesin uap untuk mengangkut air banjir di tambang Guadalcanal, Seville, Spanyol. Lalu setelahnya disusul oleh inventor asal Inggris Thomas Savery, ia mematenkan mesin bertekanan uap untuk mengangkut air banjir tambang pada 1690-an.


Pada masa yang berbarengan dengan Savery, seorang laki-laki Inggris yang tinggal di Barat Daya bernama Thomas Newcomen juga tengah sibuk membuat mesin uap versinya sendiri. Dari mesin buatan Newcomen inilah kelak dimodifikasi lebih lanjut oleh James Watt sehingga penggunaanya tidak hanya terbatas pada pompa air saja, akan tetapi penggunaannya merambah sampai ke pabrik tekstil.


Biarpun Watt bukanlah orang pertama yang mencipta mesin uap, tapi melalui tangan kreatifnya mesin tersebut telah menjadi jauh lebih baik. Sejak saat itu sampai sekarang, keberadaan mesin uap terus berkembang dan semakin canggih dari sebelumnya, aplikasinya pun telah merambah ke berbagai bidang, tidak hanya untuk industri, cikal bakal mesin mobil juga terinspirasi dari mesin uap tersebut.


Demikian juga halnya dalam dunia desain gambar teknik, jauh sebelum AutoCAD hadir, para Drafter menggambar dengan bantuan meja gambar dan penggaris. Inovasi terus berkembang seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman. Teknologi masa lalu telah memberikan sumbangan yang amat berharga terhadap pembangunan dunia modern.

Scroll to Top